Memahami Apa itu Object Storage serta Fungsi dan Keunggulannya

By 25 January, 2023

Ingin lebih efisien dalam mengelola data perusahaan? Beralihlah menggunakan object storage! Cari tahu kelebihan dan fungsi storage dalam artikel ini.

Pernahkah Anda mempertimbangkan object storage sebagai media penyimpanan data penting milik perusahaan? Metode penyimpanan berbasis objek ini mulai dilirik oleh banyak pengguna komputer karena keunggulan yang dimilikinya. Proses pencarian data akan lebih mudah dengan menggunakan object storage daripada jenis penyimpanan lainnya.

Wajar saja jika Anda mungkin belum familier dengan istilah object storage. Pasalnya, metode penyimpanan ini masih terbilang baru walaupun sudah lama hadir. Kendati demikian, object storage sangat ideal untuk menyimpan seluruh data dan informasi perusahaan yang cukup besar dan tidak terstruktur (unstructured data).

Simak pembahasan di bawah ini untuk mengenal lebih lengkap tentang object storage dan mulai mengimplementasikannya di perusahaan Anda.

Pengertian Object Storage

Object storage alias object-based storage adalah salah satu jenis arsitektur penyimpanan data seperti gambar, video, ataupun format file lainnya. Perbedaannya dengan metode penyimpanan lainnya terletak pada kemampuannya dalam menangani data yang tidak terstruktur dan berukuran besar. Object storage memiliki konsep metadata dan dilengkapi dengan pengidentifikasi unik yang bisa digunakan untuk mengakses dan mencari setiap unit data.

Singkatnya, object storage memandang file yang tersimpan di dalamnya sebagai objek atau benda. Setiap unit data disimpan di dalam satu lokasi sehingga bisa dicari dan diakses dengan mudah. Media penyimpanan ini tentu berbeda dengan file storage atau block storage yang membagi letak penyimpanan file ke dalam folder atau blok yang berbeda dan sesuai jenis datanya.

Hampir semua data yang kita gunakan sehari-hari bersifat tidak terstruktur alias unstructured data, mulai dari e-mail, media dan audio, halaman website, dan berbagai jenis data digital lainnya. Semua data tersebut tidak cocok jika menggunakan metode database tradisional. 

Alasannya, proses pencarian data menjadi lebih sulit karena pengguna harus memilah setiap folder yang terdapat di dalamnya. Masalah ini pun berdampak pula pada proses pertukaran data yang diperlukan dalam perusahaan. Inilah alasan object storage mulai dibutuhkan daripada metode penyimpanan berbasis file atau block.

Baca Juga: Langkah serta Manfaat Mengelola Dokumen Kantor dengan Teknologi Cloud Storage


Fungsi Object Storage

Object storage memiliki tiga fungsi esensial dalam pengelolaan data, mulai dari penyimpanan, media backup, hingga pengarsipan data. Bagaimana penjelasannya?


1. Penyimpanan dan Pengelolaan Data

Sekilas dijelaskan bahwa perusahaan masa kini mulai memiliki unstructured data dalam jumlah yang cukup banyak. Semua data tersebut tidak mudah dikelola jika menggunakan file storage atau block storage. Object storage membantu proses pengelolaan dan pengorganisasian data menjadi lebih mudah karena semua datanya disimpan dalam satu lokasi tanpa harus dibagi ke dalam beberapa folder atau blok yang berbeda.


2. Media Backup Data dan Disaster Recovery

Object storage juga berguna sebagai media backup data sehingga tetap aman dari serangan siber maupun kondisi berbahaya lainnya. Anda bisa mencadangkan data dari komputer ke dalam object storage sehingga lebih mudah dipulihkan jika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan. Langkah ini tentu dapat menghindarkan bisnis Anda dari kerugian akibat kehilangan data dan informasi berharga.

Baca Juga: Pentingnya Disaster Recovery Center dalam Berbisnis


3. Mengarsip Data

Anda pun dapat memanfaatkan object storage untuk mengarsip segala jenis data. Data yang tersimpan bisa pula di-restore dengan mudah dan cepat asalkan Anda masih memiliki jaringan internet yang memadai dan akses untuk memasukinya. Fungsi object storage ini membuat pekerjaan lebih fleksibel karena Anda bisa mengakses data kapan pun dan di mana pun serta menggunakan perangkat apa pun.


Kelebihan Object Storage

Object storage tentu memiliki berbagai kelebihan yang mampu mengungguli jenis penyimpanan data lainnya. Apa saja keunggulannya?


1. Kapasitas Penyimpanan yang Besar

Object storage merupakan media penyimpanan yang bisa menampung data hingga skala exabytes (EB). Kapasitas ini tentu lebih besar daripada harddisk yang hanya tersedia hingga skala terabytes (TB). Anda bisa menyimpan data berukuran besar di dalamnya tanpa harus khawatir jika memori penyimpanannya sudah penuh.


2. Data Mudah Dicari

Walaupun disimpan dalam satu tempat, Anda bisa mencari data yang tersimpan di object storage dengan mudah dan fleksibel. Anda pun dapat menggunakan perangkat yang berbeda untuk mencari data tersebut selama masih memiliki aksesnya. Selain itu, Anda bisa membuat tag berdasarkan jenis datanya.


3. Tidak Memerlukan Folder Turunan

Tentu ada beberapa pengguna yang lebih nyaman mengelompokkan data ke dalam beberapa folder. Pertanyaannya, bagaimana jika data tersebut bersifat unstructured dan terdiri dari berbagai variasi jenis? Masalah ini bisa diatasi kalau Anda menggunakan object storage. Anda cukup mengunggah data ke lokasi penyimpanan utama, kemudian mencarinya dengan mudah tanpa harus mengingat lokasi folder secara spesifik.


4. Penggunaan Biaya Lebih Efisien

Anda tidak perlu merogoh kantong yang dalam untuk menggunakan object storage. Pasalnya, biaya penggunaan object storage lebih terjangkau daripada file storage atau block storage. Anda cukup mengeluarkan biaya object storage sesuai kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan.


5. Lebih Fleksibel dan Aman

Object storage juga menyediakan metode penyimpanan yang lebih fleksibel tetapi tetap aman. Anda bisa melakukan backup data ke object storage sehingga tidak perlu khawatir jika datanya hilang akibat virus atau malware. Data yang hilang pun bisa dipulihkan kembali dalam waktu singkat sehingga memudahkan pekerjaan. Object storage memberikan perlindungan yang tinggi sehingga data Anda tetap aman dari segala jenis virus.

Kelebihan di atas pasti membuat Anda yakin untuk beralih menggunakan object storage. Namun, data yang tersedia bersifat unstructured sehingga memerlukan pengelolaan yang ekstra. Anda tidak perlu pusing mengenai masalah tersebut karena Cloudmatika dapat memberikan solusi terbaik!

Kami menyediakan FileBox, layanan cloud storage dan file sharing service terbaik di Indonesia. Anda tidak perlu membuka browser untuk mengakses FileBox karena software ini bisa diinstal di memori penyimpanan komputer. Cukup buka File Explorer dan Anda akan menemukan direktori FileBox dengan mudah di lokasi tersebut. Semua OS komputer seperti Linux, Windows, dan Mac sudah kompatibel untuk menggunakan FileBox.

Menariknya, FileBox memiliki fitur unlimited user sehingga bisa diakses oleh karyawan Anda tanpa batasan anggota. Proses berbagi file-nya lebih mudah karena Anda cukup membuat dan membagikan tautan link-nya dengan kolega. 

Ada pula opsi lainnya, yaitu memberikan shared-folder. Langkah ini lebih praktis karena Anda dan anggota tim lainnya dapat mengakses file yang sama tanpa perlu mendownload file-file yang dibagikan. Anda juga dapat mengedit file OFFICE yang sama secara bersamaan dengan menggunakan FileBox pada web browser.

Software yang sangat menarik, bukan? Hubungi kami melalui WhatsApp segera untuk mengetahui lebih lengkap tentang layanan ini. Pilihlah FileBox sebagai object storage terbaik untuk menyimpan unstructured data perusahan Anda.

cloudmatika filebox

Whatsapp Chat Chat Kami Disini