Email menjadi salah satu media komunikasi efektif dalam operasional bisnis. Lantas, bagaimana cara membuat email bisnis?
Dalam berbisnis, email menjadi alat untuk melakukan komunikasi dan bertukar data dengan berbagai pihak. Namun, masih banyak perusahaan yang memakai domain email gratisan untuk keperluan bisnisnya. Padahal, tahukah Anda bahwa sebaiknya Anda menggunakan alamat email dengan domain profesional untuk keperluan bisnis?
Sebelum mengetahui cara membuat email bisnis, berikut ini alasan mengapa Anda membutuhkan email bisnis untuk perusahaan.
Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Email Bisnis?
Bagi Anda yang menjalankan suatu perusahaan, email bisnis menjadi salah satu hal yang tak boleh luput untuk diurus. Berikut ini beberapa alasan pentingnya:
1. Email Mewakili Brand Perusahaan
Email bisnis dengan domain sendiri bisa menjadi cara untuk mengenalkan brand bisnis. Domain resmi perusahaan akan membuat konsumen tidak asing lagi dengan bisnis Anda karena sering melihat atau bersinggungan dengannya. Secara tidak langsung, penggunaan email bisnis bisa menjadi cara untuk menampilkan kesan pertama yang baik. Jadi, konsumen tidak merasa ragu untuk berkomunikasi dengan Anda atau perwakilan dari perusahaan Anda terkait urusan bisnis.
2. Meningkatkan Rasa Percaya Konsumen
Pada faktanya, email dengan domain perusahaan akan lebih menimbulkan rasa percaya konsumen dibandingkan email dengan domain gratisan. Setiap pebisnis pasti tahu bahwa kepercayaan konsumen merupakan salah satu aset yang sangat berharga, apalagi untuk bisnis berbasis online. Jika sudah mendapatkan kepercayaan pelanggan, ke depannya Anda akan lebih mudah dalam menawarkan produk.
Tidak hanya itu, email bisnis juga bisa meminimalisir adanya kasus penipuan bisnis dengan metode phishing. Domain yang unik akan membuat konsumen bisa dengan mudah membedakan email resmi perusahaan dengan email palsu.
Baca Juga:
Memahami Apa Itu Email Phising serta Jenis, Bahaya, serta Cara Menghindarinya
3. Menampilkan Citra yang Lebih Profesional
Terakhir, tentu saja email bisnis bisa menampilkan citra profesional di mata konsumen atau mitra bisnis. Email dengan domain gratis akan terlihat kurang profesional karena siapa saja bisa membuatnya. Hal ini justru bisa menimbulkan keraguan di mata konsumen. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda memakai email bisnis dengan domain sendiri untuk meningkatkan profesionalitas dan kredibilitas perusahaan.
Bagaimana Cara Membuat Email Bisnis dengan Menggunakan Zimbra?
Kabar baiknya, cara membuat email bisnis sangatlah mudah. Banyak platform yang bisa membantu Anda untuk melakukannya, salah satunya adalah Zimbra. Untuk pembuatan email bisnis menggunakan Zimbra, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:
1. Tentukan Nama Domain
Saat ini, banyak orang memakai internet untuk mencari layanan, produk, atau berbagai solusi dari permasalahan mereka. Untuk menemukan ini, website menjadi sangat diperlukan bagi perusahaan. Dalam membuat website, Anda harus memilih penyedia domain dan hosting yang bisa menunjangnya. Kemudian, Anda juga harus membeli nama domain dari layanan tersebut. Misalnya dengan
membeli domain melalui Cloudmatika.
Baca Juga:
Mengapa Anda Harus Menggunakan Zimbra Untuk Mail Server Bisnis Anda
Kemudian, website yang dibuat dengan domain sendiri bisa dijadikan sebagai email bisnis. Nama domain juga bisa memakai nama perusahaan. Misalnya dengan template
nama@company.com. Email perusahaan pun akan terlihat lebih profesional dan tepercaya dengan domain nama perusahaan sendiri.
2. Pilih Penyedia Email Bisnis
Ada empat cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat email bisnis dengan mudah dan murah, antara lain sebagai berikut:
Pertama, G Suite, yaitu layanan paket berbasis cloud yang menggabungkan banyak fitur untuk produktivitas kerja. Fitur-fitur di dalam G Suite antara lain layanan Gmail, Calendar, Hangouts, Hangouts Meet, Google Docs, Sheet, Forms, Slides, Drive, Cloud, dan lainnya.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk cara membuat email bisnis dengan G Suite:
- Buka website G Suite.
- Pilih mulai uji coba gratis.
- Pilih orang yang bekerja di perusahaan.
- Jika Anda sudah memiliki nama domain, pilih Ya.
- Isi nama domain website bisnis Anda.
- Konfirmasi nama domain.
- Pilih untuk mendapatkan email newsletter atau tidak.
- Buat akun email untuk login.
Selain G Suite, ada pula Zoho Mail, yaitu layanan email profesional yang menyediakan free plan untuk Anda yang ingin membuat email bisnis. Layanan ini hanya bisa dipakai untuk lima nama dalam satu domain. Setiap pengguna akan mendapatkan 5 GB dan attachment 25 MB.
Jika Anda ingin menambahkan kapasitas, bisa memilih dua jenis layanan email yang disediakan Zoho. Berikut ini adalah cara membuat email bisnis dengan Zoho Mail:
- Buka website Zoho.
- Pilih Free Plan dengan klik Get Started.
- Masukkan domain website bisnis.
- Lengkapi informasi bisnis Anda.
- Klik Proceed.
3. Membuat Email Bisnis dengan Zimbra Email & Collaboration
Zimbra juga bisa Anda pilih sebagai layanan untuk cara membuat email bisnis di samping G Suite dan Zoho Mail. Caranya tak kalah mudah, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:
- Anda harus memiliki admin privileges dalam Zimbra. Anda bisa menemukannya di menu bagian atas. Jika tidak ada, hubungi orang yang membuat akun Zimbra Anda. Klik ikon Admin Dashboard di bagian atas.
- Kemudian, klik “Add a Domain Now” pada bagian bawah. Masukkan nama domain Anda di sana. Jangan lupa untuk verifikasi domain yang sudah Anda tulis.
- Selanjutnya, login ke dalam DNS yang Anda punya. Buat TXT record yang baru di sana.
- Dalam panel DNS Anda, klik “Add a Record”, lalu pilih tipe menu TXT.
- Lakukan copy dan paste di bagian “Content”, lalu klik “Add Record”. Anda harus menunggu selama 24 jam untuk sinkronisasi TXT record dengan Zimbra Cloud.
- Setelah berhasil sinkronisasi, setting DNS record yang Anda punya.
Itulah penjelasan mengenai cara membuat email bisnis dengan mudah, salah satunya melalui
Zimbra. Tak perlu bingung, Anda bisa langsung menghubungi
Cloudmatika untuk membuat email bisnis menggunakan Zimbra yang sudah dipercaya oleh lebih dari 5000 perusahaan. Mari kembangkan bisnis dengan email bisnis yang profesional dan tepercaya!